Wednesday, January 6, 2016

APA ITU TIN WHISTLE

 


Tin whistle, disebut juga penny whistle, English flageolet, Scottish penny whistle, tin flageolet, Irish whistle, feadóg stáin (atau secara sederhana disebut feadóg) dan Clarke London Flageolet, alat musik tiup yang memiliki 6 lubang. Sejenis alat musik pluit tiup, yang juga termasuk dalam kategori yang sama dengan recorder, suling penduduk asli amerika, dan alat musik tiup lain yang memiliki lubang tiup (mouthpiece). Pemain tin whistle biasa di sebut tin whistler atau secara sederhana dipanggil whistler saja.



Umumnya whistle yang dijual saat ini terbuat dari pipa kuningan, ataupun pipa kuningan dengan lapisan nikel, dan memiliki mouthpiece yang berbahan plastik. Generation, Feadóg, Oak, Acorn, Soodlum's (sekarang Walton's), dan merk lain juga ikut membuat whistle. Whistle mendatang berupa metal yang berbentuk kerucut dengan mouthpiece yang terbuat dari kayu, merk Clarke's umumnya seperti itu. Ada juga beberapa jenis whistle lain terbuat dari metal keseluruhan, pipa PVC, lubang berbentuk persegi Flanna, dan whistle yang terbuat dari kayu.

Perbedaan recorder dan tin whistle :
1) Tin whistle biasanya di setel dengan nada dasar D, sedangkan recorder umumnya C dan F.
2) Tin whistle memiliki 6 lubang, sedangkan recorder lebih dari itu.
3) Tin whistle tidak memiliki penjarian tutup setengah untuk nada penuh di oktaf pertama maupun kedua, sedangkan recorder harus menutup setengah lubang untuk memainkan nada di oktaf kedua.
4) Suara tin whistle lebih jarang fals dibandingkan recorder.
5) Skala chromatic recorder lebih baik dibandingkan tin whistle.

Persamaan recorder dan tin whistle :
1) Sama-sama memiliki lubang tiup (mouthpiece).
2) Sama-sama hanya memiliki rentang nada dua oktaf.
3) Sama-sama memerlukan kendali tiupan yang baik.
4) Sama-sama mudah dibawa kemana aja (baca: ke tempat kerja ataupun liburan).

No comments:

Post a Comment